Peranan Penting Energi Listrik

listrik

  • Sejarah Mengenai Listrik

Seorang ahli Sains asal Denmark bernama Han Christian Oersted melakukan penelitian pada tahun 1819 yang menghasilkan sesuatu penemuan bahwa kemagnetan dapat dipengaruhi oleh arus listrik. Percobaan Hans dilakukan pada paku besi yang dililitkan menggunakan kawat tembaga, kemudian dialirkan arus listrik pada kawat tersebut yang mengakibatkan paku menjadi bersifat magnet. Magnet ini disebut elektromagnet karena dipengaruhi arus listrik, dan bersifat sementara. Karena sifat magnet akan hilang bila aliran listrik dimatikan.

Hans Christian Oersted

Hans Christian Oersted

Percobaan mengenai listrik juga dilakukan oleh Michael Faraday yang menemukan bahwa magnet yang digerakkan dapat menimbulkan arus listrik. Faraday menggunakan kumparan atau lilitan kawat dan magnet pada penelitiannya. Arus listrik terjadi saat batang magnet dikeluarmasukkan berulang kali dalam kumparan.

Michael Faraday

Michael Faraday

 

  • Penggunaan Listrik Masa Kini

Listrik seakan menjadi kebutuhan primer bagi banyak orang pada jaman sekarang. Dengan menggunakan listrik kita dapat melakukan aktifitas dengan lebih mudah. Seperti menyetrika, mencharger handphone, menyalakan televisi, radio, dan lain sebagainya. Dari desa ke kota, kita dapat melihat orang-orang memanfaatkan energi ini dalam kehidupannya. Seperti contoh di desa adalah penggunaan Pembangkit Listrik Tenaga Air untuk irigasi sawah. Lalu di kehidupan kota, hampir semua tempat yang kita jumpai menggunakan energi ini. Energi listrik dapat dihasilkan dari berbagai sumber, seperti air, minyak, batu bara, angin, panas bumi, nuklir, matahari, dan lainnya. Energi ini besarnya dari beberapa Joule sampai ribuan hingga jutaan Joule.

  • Macam-macam sumber energi listrik

Elemen Volta

volta

Elemen Volta diciptakan oleh Alessandro Volta. Elemen Volta terdiri dari lempengan seng (Zn) dan lempengan tembaga (Cu) yang dilarutkan ke dalam larutan asam sulfat encer (H2SO4). Reaksi antara larutan asam sulfat encer dan seng mengakibatkan lempengan seng bermuatan negatif. Sedangkan reaksi antara larutan asam sulfat encer dan tembaga mengakibatkan tembaga bermuatan negatif. Elemen Volta hanya dapat dipakai sebagai sumber energi listrik untuk beberapa saat saja.

Elemen Kering (Batu Baterai)

baterai

Batu baterai merupakan sumber energi listrik yang dapat digunakan dalam waktu lama. Keuntungannya adalah memiliki bobot yang sangat ringan sehingga mudah dibawa kemana-mana. Manusia menggunakannya untuk beragam kepentingan, misalnya sumber energi pada lampu senter, jam dinding, radio, dan peralatan listrik lainnya.

Elemen kering terdiri atas sebuah bejana seng, batang arang, dan campuran yang terdiri dari salmiak, serbuk arang, dan batu kawi. Bahan-bahan tersebut bereaksi sehingga ujung batang arang menjadi kutub positif elemen dan lempengan seng yang berada pada bagian bawah menjadi kutub negatifnya.

Motor Listrik

mesin motor listrik

Motor listrik adalah alat untuk mengubah tenaga listrik menjadi tenaga gerak. Motor listrik banyak digunakan orang, misalnya untuk menghidupkan kendaraan bermotor dan menggerakkan mesin. Motor listrik saat ini berkembang menjadi beragam model dan fungsi dalam industri otomotif.

4. Dinamo Sepeda

dinamo sepeda

Fungsi dari dinamo ini adalah mengubah energi mekanik menjadi energi listrik. Dinamo sepeda terdiri atas magnet berbentuk U dan suatu kumparan. Bila kepala dinamo berputar, maka kumparan yang berada di tengah magnet ikut berputar. Perputaran magnet tersebut menyebabkan timbulnya arus listrik.

5. Accumulator (Aki)

akumulator

Aki atau accumulator sederhana terdiri atas dua lempeng timbal yang tercelup dalam larutan asam sulfat. Namun dua lempeng timbal dan larutan asam sulfat itu belum cukup membuat aki dapat digunakan sebagai sumber energi listrik. Aki tersebut harus dialiri arus listrik terlebih dahulu agar dapat menjadi sumber listrik. Arus listrik yang mengalir dalam aki mengakibatkan timbal yang satu menjadi timbal peroksida (PbO2) dan timbal yang satunya lagi menjadi timbal (Pb). Dalam hal ini timbal menjadi kutub negatif sedangkan timbal peroksida berfungsi sebagai kutub positif. Dengan menghubungkan kedua kutub tersebut melalui sebuah kabel, maka kita akan bisa mendapatkan energi listrik untuk kebutuhan sehari-hari.

6. Generator

generator

Generator adalah dinamo yang berukuran sangat besar dan digunakan sebagai pembangkit tenaga listrik. Generator terdiri dari kumparan yang mengelilingi magnet. Magnet berputar karena gerakan turbin atau motor diesel. Berputarnya magnet mampu menimbulkan arus listrik pada kumparan. Tenaga listrik dari stasiun pembangkit disalurkan melalui kawat ke gardu listrik. Selanjutnya, dari gardu listrik ini tenaga listrik disalurkan ke tempat-tempat yang berfungsi mendistribusikan melalui kawat-kawat listrik dan bisa kita nikmati di rumah.

  • Dampak Penggunaan Energi Listrik

Meskipun energi listrik menjadi energi yang memiliki peranan penting bagi kehidupan manusia, tetapi listrik juga dapat menimbulkan dampak negatif bagi kehidupan sosial. Yaitu adanya ketidakseimbangan pasokan listrik untuk desa maupun kota. Kemudian terdapat pula dampak penggunaan energi listrik berlebih untuk kondisi lingkungan. Fakta mengenai kebanyakan pembangkit listrik di Indonesia memakai bahan bakar fosil menunjukkan bahwasektor ketenagalistrikan berpotensi menjadi salah satu penyumbang terbesar emisi karbondioksida di Indonesia bahkan di kawasan Asia Pasifik. World Resources Institute (WRI) dalam analisisnya menempatkan Indonesia pada peringkat ke-21 penghasil emisi karbondioksida tertinggi di dunia tahun 2000. Emisi karbondioksida Indonesia yang dihasilkan sektor energi saja mencapai 1,2% emisi karbondioksida dunia keseluruhan (78 juta ton CO2). Sedangkan jumlah emisi karbondioksida per orang di Indonesia adalah 0,4 ton, atau berada pada peringkat 108 dunia. Kita tahu bahwa peningkatan karbondioksida akan mengakibatkan pemanasan global yang menipiskan lapisan ozon. Penipisan lapisan ozon juga mengakibatkan naiknya suhu di permukaan bumi. Maka dari itu, bersikap hematlah dalam menggunakan energi.

 

REFERENSI :

http://earthhour.wwf.or.id/kenapa_hemat_listrik.php#.U0y8x1fMgVQ

http://ridwanaz.com/umum/sejarah/sejarah-penemuan-listrik-dan-macam-sumber-energi-listrik/

http://id.wikipedia.org/wiki/Energi_listrik

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s