Pengaruh IPTEK di Beberapa Bidang Kehidupan

IPTEK adalah kepanjangan dari Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Adapun arti dari ilmu sendiri adalah pemahaman tentang suatu pengetahuan, yang memiliki fungsi untuk mencari, menyelidiki, dan menyelesaikan suatu hipotesis. Ilmu juga merupakan suatu pengetahuan yang teleh teruji kebenarannya. Kemudian pengertian pengetahuan adalah sesuatu yang diketahui seseorang lewat pengalamannya, tetapi belum bisa dikatakan sebagai ilmu karena kebenarannya belum teruji. Sedangkan teknologi adalah sebuah penemuan melalui metode ilmiah untuk tujuan yang maksimal. Berfungsi sebagai sarana bagi manusia untuk penyediaan kebutuhan. Dengan demikian, IPTEK berarti suatu ilmu yang berorientasi pada pemenuhan kebutuhan manusia.

Dewasa ini kemajuan IPTEK telah kita rasakan di berbagai bidang kehidupan. Dengan adanya kemajuan ini, kita dapat menjalani aktivitas dalam kehidupan dengan lebih mudah. Tetapi, dibalik itu semua, terdapat pula dampak negatif dalam penggunaan IPTEK. Berikut adalah perincian lebih jelasnya :

  1.  IPTEK dalam bidang ekonomi

Dampak Positif :

a)        Kemajuan IPTEK dalam bidang ekonomi dapat kita lihat pada pertumbuhan ekonomi yang kian meningkat seperti kemajuan industri di dunia. Dengan kemajuan teknologi, dapat meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri. Investasi dan reinvestasi yang berlangsung secara besar-besaran yang akan semakin meningkatkan produktivitas dunia ekonomi. Di masa depan, dampak perkembangan teknologi di dunia industri akan semakin penting. Disamping itu, kemajuan teknologi dalam bidang ini adalah persaingan dalam dunia kerja. Dalam era teknologi sekarang ini, para pekerja dituntut untuk memiliki skill dan pengetahuan banyak. Maka dari itu, pendidikan yang diperlukan adalah pendidikan yang menghasilkan tenaga kerja yang mampu memberikan pengetahuan dan skill sesuai dengan tuntutan kebutuhan tenaga kerja yang kian berubah seiring berjalannya waktu.

industri2

 

industri1

 

industri

b)        Di bidang kedokteran dan kemajuan ekonomi mampu menjadikan produk kedokteran menjadi komoditi. Komoditi adalah sesuatu yang dapat dipasarkan yang diproduksi untuk memenuhi kebutuhan.

Dampak Negatif

a)         Sistem kerja robotis telah mengalihfungsikan kerja otot manusia pada fungsi kemampuan fisik. Sekarang telah banyak dijual robot-robot sebagai pembantu dalam kegiatan manusia dengan kecepatan dan hasil kerja yang menakjubkan.

robot pembantu manusia

robot

b)        Banyaknya pengangguran tenaga kerja dikarenakan mereka tidak mempunyai kualifikasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan.

c)         Sifat konsumtif juga akan melahirkan generasi yang boros dan mau yang serba “instant”.

  1. IPTEK dalam bidang sosial

Dampak Positif :

a)      Meningkatnya rasa percaya diri. Kemajuan ekonomi di negara-negara Asia melahirkan fenomena yang menarik. Sebagai contoh yaitu perkembangan dan kemajuan ekonomi di negara belahan Asia menimbulkan rasa percaya diri dan berfungsi sebagai ketahanan diri suatu bangsa. Dengan itu, bangsa-bangsa Barat tidak lagi dapat melecehkan bangsa-bangsa Asia.

b)      Karena adanya tekanan dan menjamurnya kompetisi di berbagai aspek kehidupan saat ini, justru akan melahirkan generasi penerus yang disiplin, tekun dan pekerja keras.

Dampak Negatif :

Selalu adanya perasaan tersaingi dengan kemajuan IPTEK ini sehingga terkadang tertanam sifat individualis dan kurang percayanya pada lingkungan sosial sekitar.

  1. IPTEK dalam bidang budaya

Dampak Positif :

a)      Adanya perbedaan kepribadian pria dan wanita. Banyak pakar yang berpendapat bahwa kini semakin besar porsi wanita yang memegang posisi sebagai pemimpin, baik dalam dunia pemerintahan maupun dalam dunia bisnis. Data yang tertulis dalam buku Megatrend for Women : From Liberation to Leadership yang ditulis oleh Patricia Aburdene & John Naisbitt (1993) menunjukkan bahwa peran wanita dalam kepemimpinan semakin membesar. Semakin banyak wanita yang memasuki bidang politik, sebagai anggota parlemen, senator, gubernur, menteri, dan berbagai jabatan penting lainnya.

Halimah Yacob diangkat menjadi Ketua Parlemen di Singapura

Halimah Yacob diangkat menjadi Ketua Parlemen di Singapura

b)      Para remaja dapat menuangkan aspirasi mereka melalui kemajuan IPTEK seperti contoh para remaja sekarang telah ada yang melakukan penelitian di luar sekolah, dan menjadi penemu hal-hal baru dalam bidang ilmiah walau sebagian besar dalam karya yang sederhana.

Dampak Negatif :

a)      Meningkatnya kenakalan remaja dan tindakan menyimpang yang seakan melunturkan tradisi budaya bangsa kita seperti gotong royong dan tolong menolong satu sama lain.

geng motor

b)      Kehadiran komputer pada kebanyakan rumah tangga golongan menengah ke atas telah merubah pola interaksi keluarga. Sebagai contoh yaitu pola anak dalam menghabiskan waktu luang mereka juga berubah. Mereka lebih asyik di depan komputer ataupun smartphone mereka dibandingkan bermain di luar rumah bersama teman-temannya.

gambar1

REFERENSI :

http://prasetiawan03.blogspot.com/2013/03/pengertian-iptek.html

http://news.detik.com/read/2013/01/14/171549/2141792/1148/wanita-muslim-resmi-diangkat-menjadi-ketua-parlemen-singapura

http://www.merdeka.com/teknologi/anak-sekarang-lebih-suka-smartphone-daripada-tv.html

http://www.mysusis.com/2013/08/perkembangan-iptek-dan-dampaknya-dalam-berbagai-bidang.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s