What Is The Internet?

Internet    Jaman sekarang bisa dibilang jamannya internet. Dulu, internet hanya dikenal di beberapa kalangan ataupun daerah perkotaan. Namun sekarang, dengan adanya kemajuan teknologi, internet sudah bukan sesuatu yang asing lagi bagi banyak orang. Kini, internet sudah banyak ditemukan di berbagai daerah baik itu perkotaan maupun pedesaa. Tapi, sebenarnya internet itu apa sih?. Kepo ngga?. Mau tau?. Beneran?. ^^ oke kalau maksa mah kita bahas sedikit yaa apa itu internet. (jawab sendiri :D)

Sebelum kita masuk ke sejarah internet, kita kenalan dulu yaa sama internetnya. Internet atau singkatan dari Interconnection-networking adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Nah rangkaian internet yang terbesar itu deh yang dinamakan Internet. Tapi, ada cara atau kaidah untuk menghubungkan rangkaian ini. Kaidahnya itu dinamakan internetworking (“antarjaringan”). Terus kalian tau ngga siapa pencipta dari WWW (World Wide Web)?. Iyaa, tulisan itu identik banget sama ciri-ciri internet. Dan penciptanya adalaaaah…… Tim Berners-Lee, yeeeeyy.

Oke next.. Sekarang kita bahas sejarah internet nih. Internet itu pertamanya dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX. Dengan begitu, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.

Ternyata proyek ARPANET ini merupakan cikal bakal dari pembangunan protokol yang kita kenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) lhoo. Diantara proyek mereka itu kurang lebih seperti merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan standar-standarnya mereka juga yang tentukan. Good Job. Thanks Thanks Thanks ARPANET.

Sebenarnya proyek-proyek itu dibangun karena alasan untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya. Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

Tapi, ternyata internet juga mempunyai tata tertib penggunaan yaww. Tata tertibnya itu biasanya dikenal dengan nama Nettiquette atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah netiket. Untuk di Indonesia selain tata tertib sosial di Internet juga diberlakukan peraturan (UU ITE). Jadi, jangan sampai salah menggunakan internet ya 😀

World Wide WebSekarang akses internet begitu muuudddddah, easy, gancil, dan kawan-kawannya. Karena disamping menggunakan PC (Personal Computer), kita juga dapat mengakses Internet melalui Handphone (HP) menggunakan fasilitas yang disebut GPRS (General Packet Radio Service). GPRS merupakan salah satu standar komunikasi wireless (nirkabel) yang memiliki kecepatan koneksi 115 kbps dan mendukung aplikasi yang lebih luas (grafis dan multimedia). Teknologi GPRS dapat diakses yang mendukung fasilitas tersebut. Pengaturan GPRS pada ponsel tergantung dari operator yang digunakan. Biaya akses Internet dihitung melalui besarnya kapasitas (per-kilobyte) yang diunduh.

Kita udah tau nih sedikit banyak sejarah, pengertian, dan gimana cara menggunakan internet. Tapi, ternyata internet banyak manfaatnya. Yuk, kita lihat satu-satu ..

  1. Menambah Wawasan & Pengetahuan
    Kalau manfaat yang satu ini pasti sudah pada tau dong jawabannya. Iya di internet itu banyak banget informasi yang kita bisa dapatkan. Karena bisa dibilang internet itu jendela dunia setelah buku.
  2. Sebagai Sarana Hiburan
    Kalau manfaat yang ini mmm contohnya yaa kita bisa main game online, bisa download lagu, streaming video, dan lain-lain.
  3. Memudahkan Silaturahmi
    Pada punya facebook kan?. Atau Twitter dan kawan-kawan sejenisnya? hehe, iya situs-situs tersebut dapat kita gunakan untuk silahturahmi dengan orang ataupun keluarga kita yang letaknya nun jauh disana. Kita bisa lebih mudah mengetahui kabar mereka melalui media sosial tersebut.
  4. Menghasilkan Uang
    Nahhh ini nih, di internet juga kita bisa menghasilkan uang. Sekarang kan sedang jaman-jamannya Online Shop. Kita dapat melakukan transaksi jual beli dengan mudah melalui internet juga. Atau hanya sekedar “cuci mata” bagi para shoppaholic. Recommended !
  5. Dapat Mengubah Hidup
    Internet juga bisa mengubah gaya hidup seseorang. Tergantung individu tersebut menggunakan internet untuk hal seperti apa?. Kalau individu tersebut sering mengakses situs-situs pendidikan, berbau agama, yaa pasti individu tersebut akan terbawa ke gaya hidupnya. Tapi, kalau seringnya mengakses situs-situs pornografi, hmm tidak usah dijawablah yaaa.. You know it so weeeellll ~ 😀

 

Okelah segitu saja postingan kali ini, kurang lebihnya maafkan yaa. Hehe sampai jumpa di postingan berikutnya :D.

Referensi :

http://id.wikipedia.org/wiki/Internet

http://rohmatullahh.blogspot.com/2013/10/8-manfaat-internet-lengkap.html

Advertisements

5 thoughts on “What Is The Internet?

  1. Ternyata selama ini saya hanya tau sedikit tentang internet.. yg saya tau cuman buka google trus searching,, hehehee 😉 Nice artikel sis.. bantu bangett buat nambah pengetahuan saya tentang Internet.. posting lagi dong yg lebih dalam tentang internet, seperti bagaimana bentukan jaringannya hehehee..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s