Kecanduan Internet dan Cara Mengatasinya

Moshimoshiii… minnasaaaannnn !!! ogenkiiii desukaaaa?? ^^ asikk, akhirnya nulis blog lagi, setelah minggu lalu jatuh sakit dan berakibat ke postingan yang kurang maksimal hufhuf :&. Mudah-mudahan tulisan kali ini bisa lebih baik yaaa .

Kali ini, saya mau buat postingan tentang kecanduan internet dan cara mengatasinya. Sebelumnya, di postingan lalu kita kan sudah banyak tahu apa itu internet, sejarahnya, manfaatnya, dan hubungannya pada suatu bidang tertentu. Tapi, ternyata internet juga punya dampak negatifnya lho. Salah satunya dapat membuat kita menjadi kecanduan. Ayo ngakuu siapa disini yang bisa ngga megang gadget lebih dari 5 jam ?. 😀

Internet memang mempunyai banyak keuntungan buat kita, dan saking banyaknya keuntungan yang diberikan oleh internet itu, kita sampai-sampai tidak menyadari kalau kita itu sudah menghabiskan banyak waktu dengan internet. Kita jadi merasa ketergantungan sama yang namanya teknologi internet. Yaa kalau itu untuk kepentingan pengetahuan dan hal positif lain sih masih belum masalah, tapi kalau itu sampai membuat kita menjadi tidak peduli dengan dunia sekitar itu yang jadi big problem.

Kenapa saya bilang bisa jadi masalah besar?. Iya kita ini kan manusia, sebagai makhluk sosial, bukan makhluk gadget. Dimana itu artinya kita memerlukan orang lain dalam hidup kita. Kita masih harus berinteraksi secara langsung dengan orang terdekat, misalnya keluarga. Kan aneh aja kalau 1 rumah yang harusnya bisa kumpul bareng, bergurau ria, terharu-haru maupun terhura-hura bersama :’) (oke yang terakhir di skip aja) tapi moment-moment berharga seperti itu malah lewat hanya gara-gara “pacaran” sama gadget masing-masing. Itu saya cuman ambil satu contoh ekstrim saja dari sekian banyak contoh lain yang bisa masuk dalam kategori kecanduan internet.

Ternyata tanda-tanda kecanduan internet itu mirip dengan tanda-tanda kecanduan narkoba dan obat-obatan lho, serem juga ya. Malah yang meneliti tanda-tanda ini adalah beberapa psikiater. Tapi, apa aja sih tanda-tanda dari kecanduan internet?. Dari salah satu sumber, ada yang menuliskan bahwa tanda-tandanya itu sebagai berikut:

  • Menggunakan waktu secara berlebihan bahkan tidak lagi memiliki kesadaran akan waktu atau mengabaikan waktu.
  • Rasa marah dan depresi ketika internet tidak dapat di akses atau kesal ketika terganggu saat sedang online.
  • Waktu yang digunakan untuk online (akses internet) bertambah secara konstan, dan  meningkatnya kebutuhan akan peralatan komputer ataupun gadget.
  • Rasa lelah, menghindar dari kehidupan sosial, prestasi buruk, dan kebohongan adalah merupakan dampak jangka panjang dari gangguan ini.

Biasanya sih ada tiga hal yang membuat orang mengalami gangguan kecanduan internet yaitu Game online, Situs-situs dewasa (seksual) dan Email atau pesan teks, mungkin kalau sekarang lebih ke chattingannya kali ya…

Nah, kalau sudah terlanjur masuk dalam ciri-ciri di atas gimana dong?. Jangan khawatir, kita dapat mengubah atau mengurangi sedikit demi sedikit ketergantungan kita dengan internet, memang tidak mudah sih untuk langsung berubah, yah namanya sudah deket lama susah melepasnya *ciaciaciaaaaa* ^^ tapi kita bisa lakukan itu secara pelan-pelan saja namun serius yaa. Hehe oke deh ini sedikit tips buat mengatasi kecanduan internet

– Cari tahu kenapa kalian bisa terus-terusan menggunakan internet.

Kalian bisa tahu sendiri apa yang sering kalian akses di internet, misalnya game online. Jadi mulai sekarang, kurangin deh frekuensi mainnya dari yang 15 jam sehari (widiiiiiiiw) jadi 10 jam, 8 jam, dan seterusnya.

– Kenali pemicunya.

Kalau kalian sudah tau apa penyebab kalian terus-terusan menggunakan internet, sekarang waktunya buat kenalin juga apa pemicunya. Misalnya kalian akses game online karena galau, bete, bosen atau cuman sekedar hiburan, segera cari alternatif lain untuk mengatasi segala gundah gulana kalian itu misalnya dengan main langsung atau ketemu langsung dengan teman-teman.

– Peka dengan lingkungan sekitar.

Ini tips terakhir dari saya tapi ini maksudnya inti banget ya. Iya dong, kadang kita tidak peka dengan lingkungan sekitar, kita terlalu asyik sama dunia kita sendiri kalau sudah akses internet. Ini bisa menjadi dampak negatif buat orang yang melihatnya. Kita kan memakai budaya timur, jadi tegur sapa dan saling menghormati bila ada orang lain itu sudah harus ada di diri kita. Jangan sampai karena internet budaya kita itu bisa luntur gitu aja ^^

Nah, perubahan itu tidak perlu besar dan cepat, yang penting proses dan cara memahami untuk menjadi lebih baiknya yang lebih diutamakan. Hmmm oke deh saya rasa cukup ya postingan kali ini, mudah-mudahan bermanfaat isinya hehe. Sampai jumpa di postingan-postingan berikutnyaaa…

Sources :

http://lifqual.com/gangguan-kecanduan-internet/

http://inet.detik.com/read/2007/03/06/123159/883143/510/cara-mengatasi-kecanduan-internet

Advertisements

6 thoughts on “Kecanduan Internet dan Cara Mengatasinya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s